Penjelasan praktis HandyCache untuk pemula

Ini sedikit catatan untuk cara setting Handycache bagi yang baru kenal saja🙂
daripada tiap hari saya harus menjawab inbox satu persatu bagaimana cara menyettingnya hehe…
sekalian pada belajar sendiri saja cara memanage cache contents sesuai keinginan masing-masing.

Siapkan HC yang masih original silahkan unduh HandyCache 1.00 RC3 (1.0.0.361) melalui situs resminya
unzip dan jalankan exenya dan default dari program ini adalah berbahasa Rusia, pilih menu bahasa Inggris dan
settingan standar lainnya seperti autostart auto hide dsb…
jangan lupa setiap melakukan perubahan setting pencet tombol save gambar disket.

begining

Tampilan pertama

Standar setting

Standar setting


Masih di menu General dilanjut ke menu list bawahnya yaitu Access, disini layaknya kita setting ACL untuk IP User/MikroTik agar dapat bisa lewat proxy HandyCache, tinggal dobel klik lalu isi user dan IP Address nya sesuai jaringan masing-masing. Default port proxynya 8080.

acl

Access

Untuk parrent proxy disini fungsinya buat memasang proxy lagi, artinya HandyCache ini bisa memakai proxy external layaknya Internal-Proxynya MikroTik yang juga terdapat settingan untuk parrent proxynya. (ini abaikan saja dahulu)

Parrent proxy

Parrent proxy

Loading control layaknya delay-pool pada squid, jadi disini kita bisa limit speed per-user atau url-url tertentu
karena kita menggunakan MikroTik sebagai bw managementnya makan rule ini abaikan saja.

Loading control

Loading control

Dns cache adalah menu dimana akan menyimpan IP dari domain record, jadi disini sebenarnya tidak perlu lagi menggunakan Dns Server Cache karena HandyCache sudah built-in dapat menyimpan alamat IP dari domain-domain yang pernah di kunjungi. bisa dikatakan ini persamaan kalau kita pasang dns static pada file Host di WindowsSystem32DriversEtc jadi HandyCache tidak perlu me resolve ulang seandainya suatu domain sudah pernah di kunjungi.
Tinggal setting saja berapa max record dan update recordnya.

Dns cache

Dns cache

Extension adalah feature tambahan dari HandyCache sebagai add-on/plugin untuk berbagai keperluan seperti replace header, performa caching,schedule dll . program bahasa yang digunakan disini adalah LUA . Silahkan expresikan kreasi anda jika anda paham bahasa LUAK LUA😀

Extension

Extension

Port mapping seperti namanya yang bisa jadi sebagai port forwading kali yah😀
sebab penulis sendiri belum pernah mencoba menu ini jadi untuk kali ini ignore saja hehehe…

Port mapping

Port mapping

Kita loncat saja ke menu selanjutnya yaitu Cache pada list Control
wajib hukumnya untuk checklist pada Ignore no-cache dan Ignore no-store karena disini akan menyimpan object dari suatu webserver yang memakai header cache control no-cache dan no-store yang artinya tidak di perbolehkan untuk menyimpan object tertentu pada situs-situs dinamis seperti Youtube dll.
untuk parameter lainnya tinggal sesuaikan saja dengan kebutuhan tp kalau belum ngerti sebaiknya default saja seperti pada gambar di bawah ini.

Cache control

Cache control

Menu Directory adalah settingan untuk menaruh file cache dengan default memakai nama direktori “Cache” pada root folder dimana handycache.exe berada, bisa disetting pada drive dimana yang di khususkan untuk menaruh cachenya dan bisa juga melalui map drive atau share folder (untuk dir-cache pada share folder harus full akses read/write)

Dir-cache

Dir-cache

URL-Transforming atau yang lebih dikenal dengan sebutan url_rewrite pada squid, ya seperti kebanyakan program rewriting fungsinya untuk menulis ulang url-url supaya mudah dimanage cachingnya, contohnya url dinamis Youtube, video facebook dll. Untuk sesi disini diperlukan pengetahuan tentang regex (reguler expression) seperti sampel ini.

url transforming

URL Transforming

Clearing menu adalah tool untuk pembersihan file cache menurut parameternya, jadi disini bisa memakai parameter by periode,besar suatu file,folder (dir) minimal size. Dan tentu disini kita bisa menyelamatkan folder cache yang penting seperti update game online dll dengan membackup terlebih dahulu sebelum kita melakukan pembersihan.

Clearing

Clearing

Contoh folder update game Ayodance dari megaxus

Folder cache

Folder cache

Pindah ke menu List pada menu Whitelist, disini adala menu dimana suatu url atau file tertentu dapat di bypass menurut kategori checklistnya, contohnya rule no.2 yaitu defaultnya adalah semua file extensi yang tercantum pada kolom itu “.(7z|ac3|ace|avi|avz|cab|exe|gz|iso|ja[dr]|mov|mp3|mpe?g|msi|nup|ogg|rar|rpm|tar|tgz|wmv|z(ip)?)$”
artinya semua extensi tersebut tidak akan masuk cache secara defaultnya supaya harddisk tidak cepat penuh. tetapi kalau untuk warnet/gamenet terkadang ada beberapa file extensi tersebut untuk di cache maka sebaiknya uncheck saja untuk rule no.2 tersebut. Nah selanjutnya ya tinggal dimanage ulang file apa saja yg mau di simpan dan file apa saja yg tidak perlu disimpan🙂

White list

White list

BlackList sesuai namanya meblokir suatu url atau extensi
berhubung disini pembahasannya sangat luas dan expert maka saran saya lebih baik di uncheck saja untuk menu blacklist ini kecuali anda sudah paham betul rule-rule default dari handycache, sebab untuk situs-situs tertentu akan terkena blokir jika kita tidak tahu rule mana yg memblaclist tersebut. Sekali lagi disable saja menu berikut.

Blacklist

Blacklist

Save to cache adalah parameter untuk menyimpan suatu object, disini defaultnya save all object (tanda asterix)
berhubung HandyCache ini sangat peka cachingnya maka kalau menggunakan save all to cache nanti sangat riskan untuk cache yang nempel seperti situs berita yang gk update-update padahal aslinya sudah update berita terbaru.
Makanya disini harus diset ulang lebih tepatnya kita hanya mengcaching object spesifik saja.

default

default

Harap dirubah sendiri dan tambahi extensi yang di perlukan saja
harap di ingat jangan pernah mengcache extensi .php .html dan selebihnya tinggal diatur sesuai kebutuhan saja

spesifik object

spesifik object

Don’t Update menu adalah settingan cache control untuk tidak melakukan update atau request ulang suatu object yang pernah diminta oleh klien, secara default disini adalah tidak melakukan update object seperti yang tertera pada rules bawaannya, akan tetapi jika anda pemula sebaiknya rubah settingannya seperti pada gambar berikut
unchek Only for GET-requests
uncheck rule no.7 – 9 . karena biarkan javascript ,css dan txt melakukan update jika mengalami perubahan date/size
jadi untuk extensi selain daripada di menu ini (baik extensi maupun url) maka akan secara otomatis melakukan update jika suatu object mengalami perubahan size atau tanggal pembuatan/modif. contohnya file exe karena tidak ada rule don’t update untuk file exe maka suatu nanti jika file exe yg pernah di request selama file tersebut tidak mengalami perubahan maka handycache akan mengambil dari folder cache,jika nanti mengalami perubahan pada file exe tersebut handycache akan mengambil file baru dari server (internet).
(maaf tidak bisa memberi penjelasaan lebih jauh karena memang sangat kompleks🙂 )

Don't update

Don't update

Dan untuk yang terakhir adalah menu Only From Cache/Redirect/Practice kita Ignore saja karena gk begitu dibutuhkan untuk warnet/gamenet kecuali menu Practice

Gak penting amat

Gak penting amat

Practice adalah tempat latihan mengasah otak soal regex dan replacement😀

Practice

Practice

Sulit rumit susah? hehehe…
tidak ada suatu system yang mudah dan otomatis setting,semua butuh kejelian dan ingatan yang tajam
karena settingan yang rumit dan komplex maka setelah itu semua system akan berjalan secara otomatis
dan suatu mesin otomatis PUN tetap membutuhkan tenaga MANUAL buat settingnya😀

Maka hargailah penulis jangan asal minta settingan yang sudah jadi,karena suatu settingan itu masih perlu diset ulang sesuai kebutuhan net masing-masing dan yang paling rumit adalah penyesuaian dan pengawasan.

Selanjutnya kalau ingin bertanya tentang rules yang spesifik silahkan komen atau pm di facebook
atau sama-sama belajar di thread kaskus berikut
HandyCache – internet lebih hemat dan cepat
login/daftar dahulu jika ingin masuk

Terima kasih sudah mampir.

44 thoughts on “Penjelasan praktis HandyCache untuk pemula

  1. Sulit rumit susah? hehehe…
    tidak ada suatu system yang mudah dan otomatis setting,semua butuh kejelian dan ingatan yang tajam
    karena settingan yang rumit dan komplex maka setelah itu semua system akan berjalan secara otomatis
    dan suatu mesin otomatis PUN tetap membutuhkan tenaga MANUAL buat settingnya😀
    …SETUJU….

  2. Om Admin yg baik hati, mau nanya nih klo HC ini di pasang di thinClient atau Ncomputing bisa gag yah. Makasih sblm nya

    • kebetulan belum pernah test di ncomputing, tp menurut opini saya sih bisa saja sebab hc khan berada di host dan semua konfigurasi browser diarahkan ke hc melalui hostnya dan klien sebagai guest tinggal main saja tanpa otak-atik browser

  3. gan, aq dah dunlud dan setting HC sesuai tutor agan di atas dan berjalan lancar, nyobak speedtest jg’ hasilnya memuaskan, cm klu buta play youtube kok error ya? kr² kn ya gan? mohon pencerahannya.. trims

  4. admin yg masta, saya mo nanya guna dari “port forwarding” itu apa? Klo g salah ada hubungannya ma penggunaan aplikasi ma popmail. Tapi g tahu apa maksudnya. Bisa tolong dijelasin lebih lanjut g? Klo bisa dibuatin threadnya lebih lanjut.🙂

    • port forward untuk mengalihkan port dari port lokal
      berhubung ini jarang dipakai maka saya gk akan membuat thread, karena saya hanya konsentrasi pada caching saja.

  5. aslmkm,,.

    mas boss,, punya saya kenapa yaa,, tak cek di what is my ip kok slalu gagal (no proxy detected)?? tapi cache nya nyimpan terus,, cuma file yg masuk di cache tdk di ambil lg,.
    buktinya ni data trafic semua ngambil dari internet,, yg from cache NoL,..
    ini image nya agan,,
    [IMG]http://i778.photobucket.com/albums/yy68/rodlifz/Untitled.jpg[/IMG]

    • silahkan dicek lg settingannya
      bukti nol itu karena emang belum bener yg nyetting

      klo tanya kenapa ya saya gk bisa menjawab karena gk tahu dimana letak kesalahannya, untuk mengetahui kesalahannya ya cm mengok langsung kasus anda

  6. thanx tutorx sangat bermanfaat gan.. butuh pencerahan untuk penggunaan bersama antamedia hotspot dengan topologi. lan 1 ke speedy ip192.168.1.2 gateway 192.168.1.1 lancard antamedia 192.168.0.1 dns 8.8.8.8 dan 8.8.4.4. gimana settingan agar client antamedia bisa ngambil chace pada handychace. terima kasih

  7. kk q masih niubie ni…
    mw tanya… kok udah d setting sesuai step d atas kok gga fungsi ya???
    gga ada yang ke download???

    • gk pake crack atau key koq
      klo mau ngakali lebih dari 5 user ya pake aplikasi bantuan buat forwardnya dan ini syah alias legal

  8. Pnduan di atas itu untuk setting di PC server kan boss? Trus di pc klein diinstal juga gak HC nya? Kalo gak diinstal, apa yang harus DIOTAK-ATIK pada PC kliennya? (mungkin banyak pertanyaan kayak saya, tapi pada malu nanya. Takut ketauan o-onya kayak saya, he he…. )

  9. gan, aku sudah donlot file handycache versi mbah reges di mediafire.
    tapi kenapa di netbookku kok sering muncul: “error of writing to cache” ya?
    padahal menurutku settingan ke cache sudah benar, di jaringan lan dengan alamat:\\192.168.0.1\cache$
    settingan ‘sharing folder’ di server 192.168.0.1 sana juga sudah aku centang semua (termasuk: Allow network users to cange my files).
    kira2 kenapa ya?

    • berarti itu path sharenya belum bener
      pastikan path folder share dapat dibuka manual read/write dari explorer dulu baru dimasukan ke settingan hcnya.

  10. Sungguh sangat membantu sekali bagi kami yang awam akan pengetahuan ini
    semoga ALLAH memberi imbalan yang setimpal atas kebaikan anda
    trimaksih

  11. Mas Broo saya mau tanya… kenapa untuk sebagian pengguna FB terkadang untuk chat roomnya tidak ada… apa penyebabnya settingan di handycache ….? kalau memang iya.. tolong di bantu mas broo… thanks b 4

    • itu disebabkan file cache tidka terkontrol
      silahkan celar cache untuk situs yang berhubungan dengan facebook
      atau hapus semua cache bila masih error ya ganti baru saja handycachenya

  12. Terima kasih mas Reges atas tuorial ini.

    Ada satu yang ingin saya tanyakan, apakah ada solusi untuk menutup sisi krusial akibat di bukanya/sharing folder (Write enable) kepada jaringan? Andaikan ada saja user dalam jaringan yang ‘usil’ dengan menghapus secara sengaja content dalam share folder tersebut.

    Semoga Allah membalas kebaikan anda.🙂
    Kamso@kaskus.co.id

  13. Mas, ane udah bisa, tapi pengin coba nambah USER sampe 6 kok gk bisa yah, minta password,,,, ?? Solusinya gimana ?
    Kalo ane sementara yang 1 User pake HC sendiiri, gak mengarah ke SERVER..
    tapi biar 1 SERVER muat buat beberapa PC caranya gimana yah mas ?
    Mohon bantuannya gan, hehe,,,, Terima Kasih sebelumnya😀

  14. om sejak pake handy cache ko ane gak bisa sign in ke salah satu web populer, terus gak bisa download image sama baca notifikasinya, apa ada yang salah yah, sama settingan ane ?

    • iya perlu disetting dng seksama, klo mentahan atau settingan orang lain belum benar-benar cocok dng kebutuhan kita. paling aman gunakan waktu fresh criteria sekecil mungkin atau bypass don’t updatenya bila ada keyword url yg dinamis

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s