Handycache kolaborasi dengan Proxifier MikroTik sebagai bandwidth managementnya

Bagi yang tidak mau repot memanage bw management MikroTik (cukup memakai konsep HTB) atau hanya menggunakan simple queue saja tapi kepengen memakai proxy server untuk menghemat bandwidth dan load cache (HIT) maksimal
cukup memakai transparet proxy proxifier di masing-masing komputer kliennya. Dengan begitu penghematan biaya dapat ditekan karena tidak perlu komputer spec tinggi untuk membuat proxy server/Tproxy.

Berikut topologinya

Handycache dan proxifier

Handycache dan proxifier

Proxifier sebagai transparant proxy


lalu bagaimana dengan pengatur bandwidthnya?
cukup memakai konsep dasar HTB mikrotik pada tutorial berikut:
https://reges007.wordpress.com/2010/02/25/bw-management-sebuah-gamenetwarnet/
atau
https://reges007.wordpress.com/2010/06/16/sample-code-htb-pada-qos-routeros-mikrotik/

Cukup mudah khan?😀
kalau masih bingung cara membuatnya saya bersedia membantu dan membuka jasa memasangkan topologi ini di jaringan anda dengan bonus pemahaman singkat tentang MikroTik dan cara memanage konfigurasi HandyCache untuk memaksimalkan cache-controlnya yang sangat cocok untuk game online!

22 thoughts on “Handycache kolaborasi dengan Proxifier MikroTik sebagai bandwidth managementnya

  1. Makasih ilmu nya Om Reges, sangat bermanfaat, dah di coba dan lancar… cuman punya saya Windows Home (Folder Share) nya di gabung aja dengan komputer billing biar irit. Handychace nya setingan Om reges di rubah dikit. maknyus….

    • Terimakasih sudah mencobanya, memang untuk handycache dari saya masih banyak kekurangannya karena masih butuh jam terbang untuk mempelajari dan memahami rule-rulenya😀
      dan juga faktor gamenet yang menjadikan terlalu konsen pada game online saja, tp untuk sampai saat ini sudah banyak perubahan baru di test di jaringan saya dan rata-rata perhari menghemat 50% (7-8GB) .

    • maaf masbro untuk settingan game online di Indonesia sudah tidak lagi di share lagi
      karena butuh waktu 2 bulan lebih buat menganalisa traffik dan itu tidak mudah🙂
      sebetulnya settingan handycache original sudah terdapat clue caching suatu domain/object secara spesifik. silahkan dipelajari sendiri saja sebab soal refresh pattern tidak jauh beda dengan cara setting refresh pattern di squid

  2. Maaf Mas Reges Saya masih awam mau nanya mas, saya udah ngikutin semua petunjuk diatas tapi pas saya tes di client gak konek, saya pake jaringan topologi star, kenapa ya mas, trim’s untuk bantuannya

  3. Gan Numpang nanya…
    saya punya dua komputer asumsi komputer Komputer desktop (sebagai server) dan leptop (client)
    saya sudah berhasil seting handychache ama proxyfiernya di komputer dekstop (server) tapi setelah saya seting di komputer clieny proxyfier nya ga bisa konek ke servernya yang muncul cuman authentifikasi permintan password
    1. pertanyaanny apakah d komputer klien harus di instal handychance juga..

    • iya betul klo topologi diatas itu memang setiap klienya di install HC dan proxyfier, HC sebagai proxy cache dengan storage cachingnya memakai folder share, artinya cache dari klien disimpan pada sebuah folder share sebagai servernya, kalau default dari handycache kan memakai folder share “Cache” pada direktori dimana handycache.exe itu berada, jadi topologi diatas cache direktorinya tidak pada klien. Sedangkan proxyfier itu sebagai proxy tunnel supaya semua koneksi masuk tunnel dan di arahkan ke port 8080 pada localhost yang dimana port 8080 localhost itu adalah portnya handycache sebagai proxy cache.

      Jadi antara Proxy Cache (handycahce) dan Proxy Tunnel (proxyfier) itu berbeda cuma sama-sama sebagai proxy atau bahasa lokalnya perantara
      kalau mau konfigurasi proxyfiernya bisa di unduh pada thread saya di kaskus
      http://www.kaskus.us/showpost.php?p=565112050&postcount=1

      silahkan cermati dengan baik-baik tutorial tersebut.

  4. ma’af om… klo fordernya di share, berarti client bisa lihat forder cachenya donk om… bisa ga folder tersebut disembunyikan…. thank’s atas bantuannya om…..🙂

    • folder share khan tidak harus di mapping, cukup dari HCnya saja pake tanda sperti ini ” \\IP komputer\foldershare\ ”
      biar user gk di utak-atik HCnya icon HC dapat disembunyiin pake menu HIDE shortcut atau memakai software lainnya silahkan google saja

    • ma’af om, bagian save to cache di HC saya dah bikin code (youtube\.com/videoplayback\?) untuk menyimpan file video dari youtube, beberapa menit kemudian buka link itu kembali, video sukses diambil dari HC. “tanpa buffering”. tapi kenapa pas saya buka kembali link video tersebut pada esok harinya videonya ga ambil dari HC lagi om… saya liat di monitor HC, id videonya ga sama lagi, dengan membuka video yang sama. jadi solusi untuk membuat code di save to cache HC-nya dimana ya om…. thank’s atas pencerahannya…

  5. om reges, kemaren saya sudah berhasil mengcache video youtube. tapi kenapa pas dibuka pada esok harinya dengan video yang sama dari youtube nggak mambil dari cache HC lagi om… saya coba lihat di monitor HC, id link youtube tersebut berubah. save to cache: ^[^/]*(youtube\.com/videoplayback\?)(.*&)?(id=[^&]+).*
    permasalahan saya gimana caranya supaya tetap ngambil dari HC untuk video yang sama dari youtube.

    thank’s om… atas pencerahannya..

  6. om regas tuh HC bisa di instal di jadi satu ama billing?… apa saya harus memakai 1 pc lagi ..warnet saya ada 10 client slama ini saya memekai proxy internalnya mikrotik.. karna sakarang banyak yg gak ke cache seperti poker zynga,game2 facebook.. dan lain2 nya… sblumnya makasih atas penjelasanya…

  7. Terima Kasih Ilmu nya OM reges..
    bagus banget HC ini setelah saya baca 2 hari ini…
    cuma mau tanya ne… cara seperti ini bisa brapa client ya…?
    katanya klau HC free cuma bisa 5 clien..
    n cara seperti ini menggunakan HC versi apa ya…?

    • HC menggunakan versi 361 dan 377 untuk semua experiment
      jadi bisa kita akali dengan berbagai cara misalnya dengan proxifier (cm proxifier kelemahannya banyak) dan memakai bantuan internal-proxy supaya yg terdeteksi cuma 1 ip/ 1 klien saja

  8. butuh 1bulan sy bljr tuto’nya om reges dah berhasil.kayak hbis lulus ujian.cuma game dan youtube kok ngk ke cache ya om.apa mungkin perlu 2 bulan lagi bljrnya y. mohon pencerahan’nya om.maklun masih beginer hihihihi…thank

    • intinya coba-coba saja dan di blog ini ada beberapa paketan hc yg sudah siap pake tinggal di cari sendiri dari postingan maupun dari komentar
      so gunakan intelejen anda

  9. sbgai info om.klient sy instal hc.( 127.0.0.1 – 8080 )cache numpang pc biling.sy pakai rb750.didi games.friv.games.co.id.sukses.lost saga.point blank.fifa.dan sekroninya and youtube blum berhasil.mohon saranya y om.sebab ini bermaafaat bgnt buat umur wrnt sy om.thank

    • silahkan di obok-obok blof ini dan pahami soal youtubenya
      klo masih bingung cari handycache yg sudah saya set untuk youtube dan jangan lupa selalu cek postingan terbaru untuk perkembangan youtube

Leave a Reply

