Pemahaman BW management MikroTik

Kali ini saya akan membagi-bagikan cara untuk membuat bw management sederhana dengan sedikit penjelasan melalui tulisan singkat saya dan juga video tutorial. di dalam tutorial ini sangat mudah untuk di pahami bagi anda yang baru saja mengenal MikroTik, dimana pada video ini terdapat cara setting dari NOL sampai cara pembuatan mangle mark-paket dan queue tree dengan konsep HTB .

Jadi jangan lagi menunda waktu untuk belajar😀

Cuplikan singkat pada tulisan saya yang nanti anda bisa baca selengkapnya PDFnya pada link di bawah ini

IP traffic yaitu sebuah sarana transportasi packet data yang di minta oleh komputer klien (LAN), dalam sebuah IP traffic terdapat beberapa type protokol pelayanan (service) seperti ICMP,TCP,UDP dan sebagainya. Kalau saya boleh mengibaratkan IP traffic ini layaknya sebuah kendaraan “delivery services” yang bisa berbagai macam jenisnya, contoh sepeda motor,mobil,truck dll. Jadi kalau di network ICMP,TCP,UDP itu kita umpamakan sepeda motor,mobil,truck yang mengirim data dari/ke komputer. Tentunya protokol service tadi juga terdapat nomer yang kita ketahui sebagai port number, klo ibarat kendaraan td port number ini sebagai plat nomerlah hehe…

untuk pdf anda bisa unduh disini:
http://imzupload.com/jzklexqrthgm/HTB-MikroTik.rar.html
mirror:
ftp://ftp.tempatdata.com/reges007/reges007-share/video_tutorial/HTB-MikroTik/HTB-MikroTik.rar

untuk videonya:
reges mikrotik via idws

25 thoughts on “Pemahaman BW management MikroTik

  1. salam kenal pak, mau tanya kalo usernya sudah banyak, apa harus bikin mangle satu persatu per user juga pak? misalnya usernya sudah mencapai 100 orang. atau ada cara lain?

    • ya harus jika mau pake queuetree dan HTB
      jika hanya simple tidak perlu cukup bikin dari simple queue dengan dst ip kliennya

  2. mas reges gimana yach buat misahin unlimit browsing pake con-byte.di vidio itu udah diterapkan dan di modif dikit dan udah dicoba dengan buat mangle baru, dan prioritas 2 tp untuk browsing tp terasa berat juga masih kalah sama download dgn prioritas 8

    • klo sudah di proritas 2 tetap berat coba di pantau apakah bw masih sisa apa udah mentok full
      sebab banyak kemungkinan yg terjadi apalagi kalau memakai proxy

  3. link yang di ftp gak bisa juga ya om?? bisa tolong diupload lagi g? mungkin ke 4shar*d atau yang lain.makasih sebelumnya

  4. Mr. Reges, I like your video on youtube although those scroll up button of your explanation text seems too fast I guess🙂. Uhmm.. btw, Im willing to ask you about how to create LAN Network of some virtual clients integrated with its mikrotik under virtualbox also it would connected with share internet connection of real PC.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s